31 Oct 2020

Perbedaan Besi CNP Dan UNP

Besi kanal CNP adalah besi kanal yang mempunyai bentuk seperti huruf C. Besi kanal ini biasa dipakai di dalam bidang konstruksi, industri, dan otomotif. Panjang besi kanal CNP ini mencapai 6 meter. Sedangkan ukuran penampangnya sendiri bervariasi dengan panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda-beda. Begitu pula dengan tingkat ketebalan besi kanal CNP ini pun bermacam-macam sesuai dengan peruntukkannya.

Pemanfaatan besi kanal CNP

  1. Penutup dinding

Terkadang, ada dinding yang ditutup oleh sesuatu yang tampak seperti logam. Jika Anda melihat penutup dinding seperti itu, maka bahan yang digunakan adalah besi cnp kanal c.

  1. Sebagai rangka atap

Biasanya, besi cnp kanal c bisa digunakan sebagai rangka atap bangunan. Pada umumnya, bagian rangka atap bangunan yang menggunakan jenis ini bisa dan banyak Anda temui jika mengunjungi kawasan gedung, pabrik, atau gudang. Besi ini akan dipasang menyerupai 2 sisi samping pada segitiga untuk menopang atap dari bangunan gedung, gudang, atau pabrik.

  1. Sebagai purlin

Pada beberapa gedung, terdapat purlin atau balok dudukan penutup atap. Untuk membuat purlin ini, biasanya banyak pihak yang memilih bahan dari besi cnp kanal c yang dinilai kokoh dan bisa menopang berat benda di atasnya.

  1. Sebagai pagar

besi cnp kanal c ini juga bisa digunakan sebagai pagar. Terdapat beberapa gedung yang memiliki pagar tinggi. Pagar tinggi yang terbuat dari bahan besi ini menggunakan besi cnp kanal c yang dinilai kokoh dan juga memiliki ketinggian serta bentuk yang memadai untuk difungsikan sebagai pagar pengaman.


 

Besi kanal UNP adalah besi kanal yang bentuknya menyerupai huruf U. Besi kanal ini dikenal pula dengan sebutan kanal U, profil U,. Besi ini banyak digunakan sebagai penutup dinding (girts), penutup dudukan atap (purin) , dan rangka komponen konstruksi. Besi kanal UNP terdiri atas beberapa jenis yang ditentukan oleh spesifikasi dari besi tersebut. Setiap jenis besi UNP mempunyai karakteristik dan ukuran penampang yang berbeda-beda.

Pemanfaatan besi kanal UNP

  1. Penutup Atap

Saat membuat konstruksi atap, besi ini akan ditempatkan sebagai penutup atap bagian atas. Karena mampu melindungi material lain akibat kekuatan dan bentuk U yang dimilikinya. Jadi boleh dibilang ketika atap menggunakan penutup pakai besi U, maka kekuatannya akan lebih maksimal termasuk ketahanan terhadap goncangan dan benturan tak terduga. Bisa dipakai untuk berbagai jenis atap terutama yang menggunakan seng, kaca, hingga genteng beton yang biasanya digunakan pada gudang penyimpanan khusus.

  1. Penopang Jembatan Kecil

Kalau Anda pernah menyusuri jembatan beton kecil yang digunakan untuk akses jalan utama di pedesaan atau kota kecil, disitulah besi ini digunakan. Karena cengkramannya menopang beton,  juga material lain sebagai bagian utama jembatan sangat diakui. Makanya jembatan kecil yang pakai besi ini jarang mengalami kerusakan, kecuali terkena hantaman air kapasitas besar.

  1. Memperkuat Saluran Air

Pembuatan saluran air yang panjang dan berada di bawah jalan utama, bisa memfungsikan besi ini untuk memperkokoh penutup atasnya. Jadi ketika ada kendaraan yang melintas, maka  saluran air tidak akan mudah bocor. Biasanya dipakai untuk saluran air drainase sawah, saluran air bersih , saluran air pom bensin.

 

 

Source:
http://www.activreading.com/

https://www.besibeton.net/

https://kaospolosgrades.com/

http://www.tundramatiks.com/

http://Google.com/

Apapun kebutuhan besi Anda, kami siap membantu